Ayo Berpartisipasi untuk Sinode!

Sinode Uskup pada tahun 2023 terasa lebih istimewa. Dua tahun sebelumnya, seluruh keuskupan di seluruh dunia bergerak untuk mem-persiapkannya sekaligus terlibat di dalam seluruh prosesnya. Setiap keuskupan diminta berpartisipasi dengan menyelenggarakan Sinode Keuskupan untuk mengawali proses sinode yang panjang itu.

Dalam Sinode Keuskupan itu, para uskup – sendiri dan atau melalui tim – akan berkonsultasi dengan semua umat mulai dari umat paroki hingga biarawan-biarawati, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga yang ada di keuskupan. Harapannya, dengan banyak berkonsultasi, termasuk kepada mereka yang terpinggirkan dan tidak pernah didengar, Gereja bisa menjadi lebih sinodal (berjalan bersama) dalam menanggapi misi Tuhan.

Menanggapi kerinduan Paus Fransiskus itu, Keuskupan Agung Semarang sebagai bagian dari Gereja Katolik Roma, menyelenggarakan Sinode Keuskupan. Mgr. R. Rubiyatmoko selaku Uskup Agung Semarang membentuk Tim 12. Tim 12 ini akan mengundang dan melibatkan umat mulai dari anak-anak, remaja, orang muda, orang dewasa dan lanjut usia, Dewan Pastoral Paroki, Komunitas Religius, Lembaga Pendidikan dan Kelompok Kategorial. Dalam proses konsultasi, Gereja akan banyak mendengarkan mereka baik pengalaman pergulatan imannya, duka dan kegembiraan serta harapannya pada Gereja dengan segala pelayanannya.

Tim 12 bersama fasilitator penggerak pastoral dari semua kevikepan telah membuat buku panduan pelaksanaan sinode untuk kelompok Penggerak Pastoral. Namun dalam buku ini hanya membahas tema ke-4 dari 10 tema yang ditawarkan. Mengenai 9 tema lainnya akan disiapkan buku panduan lain dan pelaksanaannya akan diselenggarakan sesudah pengolahan tema ke-4 ini.

Pengolahan tema ke-4 yaitu “perayaan” pada kategori kelompok penggerak pastoral melibatkan Pastor Paroki, Dewan Pastoral Paroki Harian, Bidang dan Tim Liturgi Prodiakon, Bidang Litbang, Ketua-Ketua Lingkungan dan Wilayah di setiap paroki. Buku panduan yang disajikan memberi petunjuk praktis yang membantu kita untuk berpartisipasi dalam sinode ini. Terima kasih kepada tim fasilitator yang telah bekerja keras mempersiapkan modul ini dengan sangat baik dan mudah diikuti sehingga bisa membantu kita untuk berpartisipasi dalam sinode. Terima kasih kepada Monica yang dengan kreatif membuat desain modul ini sehingga kita bisa lebih mudah mengikutinya.

Saya mengajak Anda semua untuk dengan penuh syukur terlibat dalam sinode ini, berbagi pengalaman dan harapan yang bisa membawa Gereja untuk menjadi lebih sinodal dan bertumbuh secara autentik, menuju persekutuan, partisipasi dan misi dalam milenium ketiga.

Rm. F.X. Sugiyana, Pr
Tim 12 dan Koordinator Kategori Penggerak Pastoral

Veronica Naning
Veronica Naning
Articles: 49

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami