Buku Panduan Umat Paroki Gamping

Selamat Paskah.

Menyambut perayaan pekan suci dan tri hari suci Paskah tahun 2019 ini, Pengurus Dewan Pastoral Paroki St Maria Assumpta Gamping bekerja sama dengan Panitia Paskah Paroki Gamping Tahun 2019 telah menyediakan sebuah media komunikasi dan informasi bagi seluruh umat. Media yang dimaksudkan adalah buku Panduan Umat Paroki Maria Assumpta Gamping (PUMAG).

Pada awalnya, ide membuat buku tersebut memang dikerangkai untuk mencari dana bagi kelancaran kegiatan Pekan Suci Paskah 2019 dengan memasang iklan ucapan selamat Paskah 2019. Namun, dalam perkembangan berikutnya, ide tersebut diperluas supaya umat tidak hanya membaca identitas para donatur atau pemasang iklan, tetapi juga mendapatkan informasi yang penting bagi kepentingan umat tsb terutama dalam menjalankan aktivitas keparokian. Dengan demikian beberapa materi pengetahuan perlu ditambahkan sebagai dokumentasi agar dinamika gerak paroki yang bersentuhan dengan kepentingan umat semakin tersosialisasikan. Hal ini sejalan dengan fokus pastoral tahun 2019 yang dirilis Dewan Harian, bahwa penyediaan sarana prasarana dokumentasi dan administratif kerja sangat penting untuk mendasari gerak 3 tahun ke depan. Dengan demikian pada dua tahun berikutnya, dinamika pastoral dalam ranah administratif telah dijalankan sesuai dengan standar prosedur yang ditetapkan. Harapannya, kondisi ini meningkatkan transparansi, obyektivitas dan akuntabilitas pelayanan semua unsur pastoral yang terlibat.

Buku ini perlu dimiliki oleh setiap Ketua lingkungan, prodiakon, dan keluarga-keluarga di seluruh lingkungan se-Paroki Gamping karena berisi hal-hal penting terkait proses penggembalaan umat yang dijalankan oleh Paroki serta fokus pastoral tahun 2019.  Materi yang disajikan meliputi data lengkap mengenai sejarah paroki, peta wilayah dan resume hasil updating data umat di paroki, data prodiakon paroki, data ketua lingkungan, dara pengurus Dewan Pastoral Paroki, jadwal petugas liturgi, kegiatan-kegiatan per bidang kerja yang utama, serta formulir-formulir yang digunakan untuk melakukan proses administrasi dalam pengurusan layanan sakramental.

Menimbang nilai kepentingannya, umat diharapkan mempunyai buku tersebut, minimal satu eksemplar per keluarga. Dengan demikian kita membangun tradisi bersama tentang sharing informasi dan kepedulian, termasuk kepedulian terhadap gerak dinamika pastoral sekaligus mendukung pendanaan hari raya di gereja yang sama-sama telah kita jalani bersama. Untuk memiliki buku tersebut, silakan berkontak langsung dengan Ketua lingkungan masing-masing agar bisa dibantu.

Semoga kontribusi yang kita berikan mendukung karya paroki yang lebih besar bagi kemuliaan Allah. (ve)

Veronica Naning

Jangan Ketinggalan Berita

Masukan email Anda untuk subscribe ke buletin kami.