Forum Pastoral Remaja

Melanjutkan rencana mengadakan kaderisasi bagi kaum muda yang akan menggulirkan hidup menggereja di masa depan, maka pada tanggal 6 Oktober 2020 lalu telah diadakan pertemuan dengan tim dari KKM (Komisi Karya Misioner) yang dipimpin oleh Rm Danarto Pr dan Rm Yuyun Pr beserta tim. Mewakili tim dari Paroki Gamping adalah Rm Nugroho, Pr dan Rm Haryanto, Pr, didampingi beberapa Pengurus DPPH serta beberapa remaja khususnya yang pernah diikutkan dalam kegiatan pelatihan SOMA.

Dari Paroki Gamping saat ini baru ada empat orang muda kader SOMA yang diharapkan dapat menjadi titik awal proses kaderisasi bagi teman-teman sebayanya, melalui proses training for trainers bagi angkatan-angkatan berikutnya. Kondisi ini perlu menjadi pemikiran dan disiapkan dengan baik agar anak-anak muda semakin mengalami perjumpaan dengan Kristus sendiri dan menjadikan hidupnya sebagai kesaksian yang nyata atas belas kasih Allah. Dengan demikian, Kerajaan Allah semakin diwartakan dan nama-Nya dimuliakan melalui hidup orang muda itu.

Untuk membangun kesadaran dan tanggung jawab melibati hidup menggereja memang harus dimulai sejak anak-anak melalui berbagai kegiatan yang relevan. Kehilangan kesempatan berdinamika pada saat itu dapat mengurangi kegembiraan berjumpa dengan teman-teman sebayanya serta upaya-upaya mengokohkan tali persaudaraan dan persahabatan di antara mereka. Dalam kerangka yang lebih luas, orang muda perlu disiapkan agar dapat melebur dalam hidup bermasyarakat tanpa kehilangan jati dirinya tetapi memberi kontribusi yang nyata dalam hidup bersama, sebagaimana diharapkan Yesus sendiri, untuk menjadi ragi, menjadi garam, menjadi terang bagi sesamanya.

Sebagaimana disebutkan dalam Arah Dasar KAS dan program kerja DPPH tahun 2020, kehidupan orang muda dan pastoral terhadapnya akan mendapat perhatian khusus terutama untuk menyiapkan mereka sebagai orang-orang katolik yang tetap sadar akan imannya, menghidupi dan menghayatinya, tetapi mewujudkannya secara nyata dalam visi dan tanggung jawab perutusan di tengah masyarakat umum melalui lingkungan masing-masing. (ve)

Default image
Dewan Paroki
Akun resmi Dewan Paroki Maria Assumpta Gamping. Memposting kegiatan baru dari tim kerja dan juga komunitas.
Articles: 12

Leave a Reply