Liputan Khusus: Semarak Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2020

Gerakan Hari Pangan Sedunia Gereja Katolik menentukan salah satu dari tujuannya adalah membangun solidaritas dan berbagi pangan kepada saudara yang miskin , kelaparan dan berkekurangan Gizi. Pada Hari Pangan Sedunia Tahun 2020 ini KWI  juga mengajak kita semua untuk mengisi masa ‘ New Normal’ ini dengan gerakan bersama : Ayo Konsumsi Makanan Sehat, Ayo Menanam, Ayo Berbagi. Salah satu hal yang direkomendasikan di Paroki Gamping adalah memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Bercocok tanam adalah sebuah alternatif murah dan mudah untuk menyediakan dan mencukupi kebutuhan pangan dalam skala  kecil, untuk kepentingan keluarga dan komunitas. Bercocok tanam juga  dapat menjadi peluang ekonomis. Kegiatan bercocok tanam  sangat memungkinkan  ketika kita dipaksa tinggal di rumah karena COVID-19. Kegiatan menanam juga mempunyai dampak ekologis, yakni mendekatkan dan menyadarkan diri kita  pada bumi atau lingkungan hidup sebagai sumber dan anugrah Tuhan yang diberikan pada kita. Masa pandemi COVID-19 mengajak kita untuk kembali pada kesadaran bahwa tanah, air, tanaman, hewan, adalah anugerah Allah yang harus dirawat dan diusahakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan bersama, sebagai ungkapan syukur kepada Allah dan perwujudan cinta kepada sesama.

Keluarga-keluarga juga perlu mulai menunjukkan kepedulian akan kualitas pangan terutama dengan memanfaatkan lahan sempit sekitar rumah, lahan pekarangan atau lahan kosong yang ada, dengan menanam berbagai  jenis sayuran, buah buahan, atau yg lainnya,  untuk memenuhi kebutuhan sendiri, komunitas dan lebih baik lagi jika dapat berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Sebagai upaya untuk mewujudkan semua hal di atas sekaligus mengisi peringatan HPS 2020 di Paroki Gamping Tim Kerja PSE Bidang Pelmas mengadakan kegiatan lomba pemanfaatan lahan  di masing masing lingkungan dan pembagian hasil pemanfaatannya kepada umat yang membutuhkan secara gratis. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2020. Dan setelah melewati proses penjurian yang dilakukan oleh tim Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) Kecamatan Gamping, yaitu Ibu Tri Idaryanti dan Ibu Ari Widiastuti, didampingi Bp Damianus Suhardono selaku Koordinator timja lingkungan hidup, maka ditetapkan para pemenangnya adalah lingkungan-lingkungan sebagai berikut; Juara 1: St. Maria Fatima Demaijo; Juara 2 : St. Tarcisius Pirak; Juara 3: St Agatha Gamping tengah; Juara Harapan 1: St Mateus Mejing; Juara Harapan 2: St Yustinus Martir Sidoarum. (ve)

Default image
Dewan Paroki
Akun resmi Dewan Paroki Maria Assumpta Gamping. Memposting kegiatan baru dari tim kerja dan juga komunitas.
Articles: 12

Leave a Reply