Liputan Khusus: Serah Terima Pelayanan Pastor Paroki

Proses serah terima pelayanan Pastor Paroki Santa Maria Assumpta Gamping dilaksanakan dalam Perayaan Ekaristi Jumat Pertama pada tanggal 7 Agustus 2020. Perayaan ekaristi konselebrasi tersebut dipimpin oleh Vikep Kevikepan DIY, Rm Adrianus Maradiyo, Pr dan didampingi oleh ketiga imam, yaitu Rm. Martinus Suharyanto, Pr, Rm. FX Suhanto, Pr, serta Rm Yosep Tri Nugroho Sumartono Pr.

Dalam homilinya Rama Vikep menyampaikan beberapa hal sebagai refleksi atas bacaan pada hari tersebut. Penderitaan dan salib yang diterima dalam kehidupan sehari-hari apabila lahir dari inisiatif pribadi dan dipersembahkan kepada Kristu sebagai pengorbanan akan menjadi persembahan hidup yang nyata bagi Tuhan. Salib itu tidak akan membuat kesedihan karena diterima demi kebaikan banyak orang dan menjadi bukti pemberian diri yang utuh kepada Yesus melalui sesama. Dengan melihat bacaan itu dilihat bahwa pelayanan Rm Martinus Suharyanto Pr selama lima tahun di Paroki Gamping merupakan total giving yang diterjemahkan dalam total waktu, total dirinya. Ketersediaan gedung pastoran dan gedung pelayanan pastoral bagi umat merupakan upaya nyata untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh umat di Paroki Gamping. Vikep menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan dukungan umat kepada Rm Suharyanto selama ini sehingga wajah Allah sungguh ada dalam diri umat yang terlibat melayani umat melalui berbagai tim kerja paroki. Dan mewakili Uskup KAS Rama Vikep mengucapkan terima kasih atas pelayanan Rm Hanto, khususnya dalam kegiatan kunjungan di keluarga umat. Rama Vikep juga berharap kedua imam yang tinggal dapat saling bekerja sama sehingga menjadi berkat bagi semua umat.

Sementara Rm M Suharyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa hidup yang dijalani saat ini adalah pilihan untuk mengikuti Yesus sendiri. Karena itu kerendahan hati dalam menjalani perutusan dan kebersamaan dengan umat diharapkan menjadi titik yang mengembangkan hidup beriman. Biarlah nama Tuhan semakin dimuliakan dan kita semakin kecil dalam pelayanan itu.

Dalam kesempatan perayaan ekaristi tersebut juga disampaikan pamitan Rm FX Suhanto, Pr yang akan menjalankan tugas baru ke Semarang. Rama Hanto datang ke Paroki Gamping pada tanggal 25 Januari 2019 sesuai dengan SK Uskup KAS. Dan selama 1,5 tahun melayani umat di Paroki Gamping merasa bahagia dan dapat merasakan kebersamaan umat yang hangat. Karena menerima SK penugasan baru per tanggal 23 Agustus 2020 alih tugas ke Paroki Sambiroto di Semarang, maka Rm Hanto menyampaikan permohonan pamit, sekaligus maaf bila ada kesalahan yang dilakukan dan mohon doa untuk pelayanan di tempat yang baru. Rama Hanto juga merasa gembira karena setelah ini ada Rm Nugroho sebagai pastor baru di Paroki Gamping.

Pada gilirannya Rm Yosep Tri Nugroho Pr juga menyampaikan sambutan sebagai kulanuwun di Paroki Gamping ini. Sebagai yang termuda karena baru ditahbiskan pada tanggal 29 Juni 2010 bersama dengan 8 imam lainnya. Sebelumnya, Rm Nugroho bertugas di Paroki Sumber selama 4 tahun kemudian ditugaskan sebagai penanggung jawab Museum Misi Muntilan, KKI, Komisi Misioner, Tim sejarah KAS, dan tim pengembangan spriritualitas Van Lith. Atas berbagai pengalaman tersebut Rm Nugroho menyampaikan pengalaman berelasi dengan para katekis dan menemukan bahwa alasan menjadi Katolik adalah nderek Gusti Yesus dumugi pejah. Rumusan itu dalam kata lain disebut dengan njembaraken kraton Dalem. Sementara dalam praktik di Van Lith rumusan itu beralih menjadi njumenengaken Kraton Dalem. Apapun yang dirumuskan namun melalui jaringan yang telah terbangun selama ini serta pengalaman yang dimiliki, Rm Nugroho berharap dapat memberikan pelayanan yang baik kepada umat seraya terus belajar bersama umat di Paroki Gamping.

Menanggapi sambutan-sambutan yang telah disampaikan mewakili seluruh umat di Paroki Gamping, Wakil Ketua 2 DPPH Paroki Gamping, Bpk. F. Danang Wijaya menyampaikan terima kasih kepada Rm Hanto yang telah mewariskan program kunjungan umat kepada keluarga-keluarga dan tuntas. Semua umat telah dikunjungi. Hal ini memberikan kebahagiaan bagi umat karena dikunjungi rama paroki. Umat juga mohon maaf atas kesalahan yang dilakukan dan mengucapkan selamat bertugas di tempat baru, semoga segalanya lancar dan berbuah melimpah. Sedangkan kepada Rm Nugroho diucapkan selamat datang dan berharap semoga ke depan dapat bekerja sama, dengan Rm Haryanto, juga dengan Dewan Paroki. Pengurus DPPH mohon dukungan umat untuk bersama-sama mewujudkan umat yang guyub, rukun, dan membahagiakan. (ve)

Dewan Paroki
Dewan Paroki

Akun resmi Dewan Paroki Maria Assumpta Gamping. Memposting kegiatan baru dari tim kerja dan juga komunitas.

Articles: 13

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami