Mendalami Makna Pernikahan Dalam Mempersiapkan Hidup Berkeluarga

Menikah dalam Gereja Katolik merupakan hal yang sakral dan perlu dipersiapkan dengan sangat matang. Karena sifat dari pernikahan dalam Gereja Katolik adalah satu pasangan dan tidak terceraikan oleh manusia alias hanya dengan kematianlah pasangan hidup dapat bercerai. Kondisi inilah yang menjadikan para “calon manten” atau pasangan muda-mudi yang akan melangsungkan pernikahan dan membentuk keluarga yang baru perlu untuk dibekali beberapa hal agar mereka lebih siap dalam menghadapi jenjang pernikahan.

Tim KPHB bersama Calon Manten

Di Paroki Santa Maria Assumpta Gamping telah lama berdiri tim yang menangani bidang ini yang berupa memberikan pembekalan persiapan bagi calon pengantin yakni tim Kursus Persiapan Pernikahan atau sering disingkat dengan KPP. Nama KPP sudah sangat melekat bagi umat paroki, namun saat ini telah berganti nama dengan “Katekese Persiapan Hidup Berkeluarga” atau disingkat KPHB. Kenapa berganti nama? Hal ini merujuk dari pada Komisi Keluarga Kevikepan Yogyakarta, dengan alasan kalau KPP kelihatannya hanya mempersiapkan pasangan muda ini sampai ke jenjang pernikahan saja, padahal materi-materi yang disampaikan di tujukan bagi mereka nantinya juga akan bermanfaat dalam rangka membangun hidup dalam keluarga yang baru di kelak kemudian hari.

Pemberian Materi oleh tim KPHB

Bulan Oktober 2021, tepatnya tanggal 12 sampai 14 Oktober 2021, para calon pengantin berproses menyiapkan diri dengan beberapa materi pembekalan yang disampaikan oleh Tim KPHB Paroki. Katakese periode bulan Oktober 2021 ini merupakan angkatan ke-40 dengan jumlah 5 pasangan yang ikut dalam persiapan pra-nikah ini. Adapun secara inti materi yang disampaikan adalah Sakramentalitas Perkawinan,  Bagaimana menghidupi janji Pernikahan, Seksualitas dan Keluarga Berencana atau KB , Ekonomi Rumah Tangga, Komunikasi dalam Keluarga, Panggilan menjadi Keluarga Katolik, Kebahagian Rumah Tangga tanpa KDRT, Persiapan pelaksanaan Perayaan Pernikahan di gereja. Materi tersebut disampaikan oleh Romo Paroki yaitu Romo Nugroho dan Romo Heru bersama dengan Tim KPHB Paroki Santa Maria Assumpta gamping.

Pendalaman Materi Bersama Romo Heru

Kami sangat berharap agar proses bimbingan kepada calon manten ini tidak terhenti pada pemberian materi KPHB saja, melainkan pendampingan kepada keluarga-keluarga muda ini akan sangat dibutuhkan agar mereka bisa semakin kuat memahami hidup sebagai keluarga katolik yang sejati. (Irwan)

Redaksi Komsos
Redaksi Komsos

Tim Redaksi Website gerejagamping.org yang dikelola oleh Komsos Gamping. Sekaligus menjadi sarana Komsos untuk bersuara melalui Tulisan.

Articles: 12

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami