Menyimpan Keyakinan Pada Diri Sendiri

Dalam kehidupan yang kita jalani ini, sering kali kita melihat orang yang minder atau tidak percaya diri dengan keadaan dirinya. Bisa jadi karena ia kurang beruntung dibanding kita. Hal ini tentunya, sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosialnya yang menjadi terhambat. Jika dibiarkan, sikap minder ini dapat melunturkan keyakinan pada dirinya sendiri, yang dalam tahap akut dapat menyebabkan trauma berat dan gangguan lainnya. Sudah banyak kasus yang terjadi, dan perlu adanya penanganan yang tepat untuk hal ini. Apakah anda juga mengalaminya?

Jika ya, cobalah untuk menilai diri anda sendiri. Susah memang untuk melakukannya, karena pada dasarnya menilai orang lain memang lebih mudah dari pada menilai diri sendiri. Namun hal ini juga penting, karena kita tak bisa terus menerus menyimpulkan dari pendapat orang lain, karena kita lah yang paling tahu tentang diri kita sendiri. Cobalah merenung sejenak, tenangkan pikiran dan refleksikan apakah yang anda lakukan selama ini sudah benar atau belum. Kita dapat belajar dari salah satu tokoh dalam kartun Naruto yakni kata-kata dari Uchiha Itachi, ”Mengenali diriku sendiri adalah kunci untuk mencapai kesempurnaan, karena itu berarti aku mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa kulakukan“.

Memang tentunya ada beberapa momen dimana kita merasa diri kita terjatuh dalam jurang kegagalan dan kekecewaan. Sebagai manusia tentu saja kita terkadang merasa begitu terjatuh dan tertekan. Ini adalah hal yang wajar, namun jangan terjadi secara terus menerus. Jika hal tersebut dijadikan sebagai pengalaman, maka dapat membuat kita menjadi manusia yang lebih baik.

Kita juga harus menyadari bahwa hidup adalah pemberian Tuhan, dan bukan karena kemauan kita. Sebagai umat Kristiani, kita percaya bahwa Allah yang memberi hidup. Oleh sebab itu, hidup adalah sebuah pemberian yang kita terima dari Allah untuk kita jalani. Jika kita menjalani hidup dengan penuh kekecewaan, kesedihan, dan keputusasaan itu hanya akan mempersulit langkah kita sendiri. Maka dari itu hendaknya kita menjalani hidup dengan penuh kegembiraan dan sukacita, apapun yang terjadi. Karena dibalik semua peristiwa, pasti ada hikmah yang bisa kita petik.

Dalam hal ini, kita dapat belajar dari Yesus yang menampilkan rasa syukur luar biasa kepada Allah, atas apa yang telah Bapa nyatakan kepada-Nya. Di tengah segala penderitaan dan cobaan yang mendera-Nya, Yesus tetap setia dan bersyukur kepada Bapa-Nya. Hal ini dapat kita lihat dari doa Yesus kepada Bapa-Nya yang tertuang dalam Injil Matius 11:25,” Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil”.

Lalu apa tandanya jika orang sudah bisa menerima dirinya sendiri? Ada 5 tanda yang bisa kita lihat dan rasakan yaitu :

1. Selalu Bahagia

Orang yang bisa menerima dirinya sendiri akan terlihat bahagia karena kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang timbul dari dalam diri sendiri.

2. Mudah Bergaul dengan Orang Lain

Mereka yang bisa menerima dirinya sendiri akan memiliki sikap percaya diri yang membuatnya mudah untuk bergaul dengan orang lain.

3. Mampu Menjadi Diri Kita yang Sejati

Diri kita yang sejati adalah diri kita yang tanpa dibuat-buat, apa adanya.

4. Dapat Menertawai Diri Sendiri dengan Mudah

Orang yang bisa menerima keadaan diri, akan mudah menyadari kelemahan dan ketidakmampuannya. Mereka yang terlalu serius dengan dirinya sendiri adalah mereka yang merasa tidak aman.

5. Mampu Menentukan Nasib Sendiri

Mereka akan mampu untuk memilih sendiri jalan mana yang akan dipilih sesuai dengan kata hatinya, bukan karena perkataan dari orang lain. Orang-orang yang terlalu bergantung pada kata-kata orang lain adalah orang yang tidak punya pendirian.

Jadi, apa kita sudah mampu mensyukuri apa yang Tuhan berikan kepada kita? Jika belum, hal apa yang membuat kita sukar untuk bersyukur?

Daniel Kalis
Daniel Kalis
Articles: 10

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami