Paroki Gamping Melaksanakan Misa Offline

Menindaklanjuti surat edaran dari Keuskupan untuk mengupayakan misa offline bagi paroki-paroki yang secara standar prosedur kesehatan layak dan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan, maka Satgas COVID-19 Paroki Gamping dalam koordinasi dengan Pengurus Dewan Pastoral Paroki Santa Maria Assumpta Gamping menjajaki proses tersebut.

Setelah melakukan beberapa kali forum koordinasi dan penyiapan sarana prasarana yang diperlukan, serta dalam kerja sama dengan seluruh pihak terkait, akhirnya Paroki Santa Maria Assumpta Gamping dapat menjalani misa offline. Perayaan ekaristi pertama kalinya dilakukan pada tanggal 25-26 Juli 2020 setelah melewati proses registrasi yang ketat. Selain itu, tim kerja keamanan dengan ketat menjaga pelaksanakan prosedur kesehatan bagi umat yang telah mendaftarkan diri mengikuti perayaan ekaristi. Sebelum dilakukan misa bersama umat terlebih dahulu dilakukan sosialisasi prosedur kesehatan dan tata laksana dalam perayaan keraisti, melalui misa bersama para ketua lingkungan/wilayah pada tanggal 18 Juli 2020. Selain itu, juga dilakukan pengarahan oleh seorang dokter kepada semua ketua lingkungan dan ketua wilayah. Dari proses itu diharapkan semua ketua lingkungan dapat sungguh menyaring umat yang sehat yang diizinkan misa di gereja.

Dokter Reni dan Pengurus DPPH usai sosialisasi protap kesehatan.

Selanjutnya, hingga tulisan ini diterbitkan, Paroki Gamping terus melaksanakan perayaan ekaristi secara offline dengan menjaga prosedur kesehatan secara ketat, misalnya mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Kapasitas gereja yang disediakan sangat diatur dan memperhatikan standar kesehatan keselamatan umat. Pendaftaran umat dan labelisasi identitas umat yang telah mendaftar misa disupervisi dan disesuaikan dengan nomor tempat duduk dalam gereja. Dengan bekerja sama segenap pihak terkait, diharapkan semakin lama angka kepesertaan umat mengikuti misa di gereja semakin besar sesuai kapasitas yang disediakan.

Sebelum masuk gereja wajib cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh serta cek identitas.

Sementara bagi umat yang belum dapat mengikuti perayaan ekaristi di gereja, Komsos Paroki Gamping juga melakukan proses streaming atas perayaan ekaristi mingguan pada hari MInggu. Dengan demikian umat dapat terus mengikuti dan mengetahui informasi kegiatan paroki serta tetap mendapatkan layanan komuni bagi umat yang ditetapkan kualifikasinya setelah mengikuti misa. Penerimaan komuni dilakukan di lingkungan masing-masing oleh para prodiakon dan asisten pembagi komuni yang ditetapkan. (ve)

Dewan Paroki
Dewan Paroki

Akun resmi Dewan Paroki Maria Assumpta Gamping. Memposting kegiatan baru dari tim kerja dan juga komunitas.

Articles: 13

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami