Pembekalan Pengurus Lingkungan seParoki Gamping Periode 2021-2024

Untuk memberikan bekal bagi para pengurus lingkungan dan wilayah di Paroki St. Maria Assumpta Gamping Periode 2021-2024, Dewan Pastoral Paroki Harian mengadakan pembekalan melalui pertemuan daring dan luring. Pembekalan secara daring telah terlaksana dengan menghadirkan narasumber Rama YR. Edy Purwanto, Pr (Vikjen Keuskupan Agung Semarang) pada hari Jumat, 3 September 2021 pukul 18.00 s.d. 20.00 WIB. Dalam pertemuan ini Rama Edy antara lain menyampaikan bahwa dinamika hidup Gereja KAS tidak lepas dari Gereja paroki yang sangat ditentukan oleh kondisi lingkungan masing-masing. Karena itu para pengurus lingkungan perlu menyadari bahwa tugasnya sangat mulia untuk menjalankan perutusan Gereja melalui lima bidang yang telah dikenal, yaitu liturgia, diakonia, koinonia, kerygma, dan martyria. Vikjen juga menjelaskan hakikat lingkungan dan pastoral keluarga sebagai reksa pastoral yang mendasari hidup Gereja KAS. Karena itu, para pengurus lingkungan diharapkan dalam menjalankan tugas pelayanan umat juga menggunakan sikap yang disampaikan Uskup KAS kepada para imamnya dalam pembaruan janji imamat tahun ini, yaitu ngemong, mbopong, momong, dan ngomong.

Sharing dari Pak Ismoko

Para ketua lingkungan diharapkan menghayati dan menjalani sikap itu dalam komunikasi, kerja sama dengan sesama pengurus, Dewan Pastoral Paroki, dan pastor paroki. Jadi, melalui dasar pertobatan, firman sebagai sumber kekuatan, doa dan semangat mengasihi serta dilandasi keutamaan yang telah diteladankan oleh para rasul dalam menjalankan gereja perdana, para pengurus lingkungan diharapkan hadir di tengah umat sebagai kepanjangan KAS. Lingkungan sebagai paguyuban keluarga-keluarga yang tinggal saling berdekatan dapat dijadikan sarana untuk saling menumbuh kembangkan iman melalui persaudaraan, pelayanan, pengajaran, ungkapan doa dan syukur, dan kesaksian.

Sharing dan harapan dari Pak Sugeng Ketua Wilayah Mejing.

Pertemuan luring dilaksanakan per wilayah setiap hari Selasa dan Jumat mulai tanggal 7 September 2021 di sayap utara gereja. Dua pertemuan dengan peserta perwakilan pengurus lingkungan telah dilaksanakan, yaitu lingkungan-lingkungan di wilayah Gamping dan Mejing. Para pengurus lingkungan sangat antusias mengikuti kegiatan dan menyampaikan harapan-harapan yang akan diwujudkan di lingkungan dan paroki. Sharing dari beberapa pengurus memberikan penguatan bahwa perlu dibangun spiritualitas bersama umat di lingkungan yang dapat digali dari keutamaan para Santo atau Santa Pelindungnya. Selanjutnya spirit ini harus dihidupi dan diperjuangkan bersama pengurus dan umat. Tidak kalah penting adalah melakukan refleksi terhadap setiap kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menyelaraskan dengan kehendak Allah dalam mewujudkan Kerajaan Allah. Lingkungan yang guyub, rukun, menggembirakan, menbahagiakan dan menyejahterakan bagi seluruh umat adalah cita-cita bersama yang ingin diwujudkan para pengurus baru. (FDW)

Dewan Paroki
Dewan Paroki

Akun resmi Dewan Paroki Maria Assumpta Gamping. Memposting kegiatan baru dari tim kerja dan juga komunitas.

Articles: 13

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami