Renungan tentang Plastik

Plastik, biasanya digunakan hanya sesaat saat kita ingin membawa suatu belanjaan atau barang lain. Sehabis itu buang.

Kadang saya berpikir untuk plastik yang orang lain atau bahkan saya sendiri buang, sobek, rusak dan akhirnya di buang lagi. Apa yang terjadi dengan plastik kecil itu? Mereka tidak akan langsung lebur, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadi debu dan akhirnya menghilang.

Sayangnya, masih kurang kesadaran kita untuk mengerti plastik. Terlalu besar ego kita mungkin.

Plastik adalah benda yang ringan dan rapuh, namun kuat untuk membawa berat. apalagi di rangkap 3 seperti ibu-ibu dipasar meminta pada penjualnya “Kang, dirangkap tiga ya biar kuat!”.

Plastik adalah benda simpel yang kadang terlupakan, walau kenyataannya setiap hari manusia membutuhkannya.

Sudah selayaknya jika ada petisi untuk plastik dinaikan harganya, beberapa pasar sudah menaikan harga. Namun apakah itu berhasil untuk mengurangi sampah? Benar, sampah. Plastik sangat berhubungan dengan sampah, karena ketika Plastik di buang, akan menjadi sampah.

Namun apakah plastik juga biang masalah dari sampah? Ya, karena manusia terutama, bosan rasanya jika terus mendengar ataupun membaca “ayo buang sampah pada tempatnya“, bosan juga harus membaca tulisan mengenai sampah ini bukan? Namun apa boleh buat, begitulah yang terjadi.

Lihat dampak yang terjadi dari sampah:

  • Banjir
  • Penyakit
  • Berkembangnya Kuman, dll

Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia. Bagaimana dengan dunia di masa depan kalau begitu? Dunia adalah seisi Bumi, planet yang kita tinggali beribu taun lalu.

Bagaimana jika manusia tidak memiliki solusi lagi untuk menghadapi sampah yang perharinya semakin banyak. Apakah kita harus mencari planet lain untuk ditinggali dan meninggalkan bumi.

Di Bumi kita mengenal cerita Yesus, sang juru selamat. Rasanya sangat menyedihkan apabila manusia harus meninggalkan bumi akibat sampah dan faktor-faktor lain. Belum tentu juga kita menemukan planet yang baik untuk kita.

Komsos Gamping
Komsos Gamping
Articles: 44

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Butuh bantuan? Hubungi kami