REST IN PEACE : BAPAK ANTONIUS GANJAR RAHARJO

REST IN PEACE : BAPAK ANTONIUS GANJAR RAHARJO

Kehidupan kita sebagai manusia sudah diatur dan dikendalikan oleh sebuah tangan illahi, dan kadang-kadang kita tidak pernah mengerti apa yang menjadi kehendak Sang Pemilik kehidupan. Tuhan dalam segala kemahakuasaan-Nya telah menyusun rencana-rencana terbaik yang diberikan bagi setiap pribadi. Jatuh bangun, suka duka, tangis dan tawa, segala sesuatu tidak pernah menjadi sebuah rangkaian kebetulan. Jika kita melihat ke belakang maka segala pengalaman hidup kita ternyata punya pola dan kita akan sadar bahwa dalam jejak-jejak peziarahan itu, Tuhan selalu ada. Tuhan tidak pernah tinggal diam dan membiarkan kita, umat yang dikasihi-Nya tinggal dalam kesesatan, dalam gelimang dosa, bahkan kematian kekal yang tak terelakkan. Tuhan akan selalu menjaga kita sebagai permata, biji mata yang sangat berharga bagi-Nya. Kita selalu diajak untuk meyakini dan percaya akan kehendak Tuhan sebagai sebuah rencana yang terbaik bagi hidup setiap orang.

Namun, kita sebagai umat di Paroki Santa Maria Assumpta Gamping tetap mengalami satu kedukaan mendalam, mengalami sebuah kehilangan yang besar, ketika hari Senin pagi, 4 Maret 2019 lalu terdengar berita duka, bahwa saudara kita Bapak Antonus Ganjar Raharjo, telah dipanggil menghadap Tuhan di surga. Kabar duka itu sungguh telah menghentak setiap kita dan betapa sulit memercayainya.  Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan. (bdk. Nabi Ayub)

Berbagai kisah kenangan akan kebersamaan dengan pak Ganjar menjadi ruang-ruang batin yang akan terus menjadi inspirasi bagi setiap kita yang mengenalnya. Bagaimana dalam keseharian, pak Ganjar telah membagikan hidupnya, telah memberikan seluruh pengabdiannya kepada keluarga, lembaga profesinya, serta kepada Gereja dan para umat yang dipercayakan kepadanya untuk dilayani dan dikasihinya dalam amal kasih prodiakon dan pengurus Dewan Pastoral Paroki.

Segala hal baik yang telah diwariskan itu, sungguh tampak ketika kita semua mengikuti perayaan ekaristi melepas kepergian pak Ganjar menuju keabadian. Gereja yang penuh sesak, duka yang kental di setiap orang yang hadir, merupakan bukti bahwa hidup dan pengabdiannya selama ini telah menginspirasi dan mencerahkan banyak orang. Dharma dan karyanya telah sungguh menjadi persembahan hidup yang nyata dan alam semesta merekamnya dalam jejak peziarahan orang-orang yang mengenalnya. Kita berharap surga bersukacita dengan kepulangannya, memberikan tempat dalam keabadian bersama para kudus dan malaikat-Nya, karena semua pengabdian dan perjuangannya dianggap telah selesai. Pak Ganjar sungguh telah tuntas menyelesaikan panggilan perutusannya, telah menyelesaikan pertandingan yang baik dan terus memelihara imannya dengan teguh. Kita bersyukur Tuhan memberikan pak Ganjar kepada kita, dan berbagi kehidupan dalam berbagai bentuk kehadiran sesuai pengalaman masing-masing dalam keluarga, gereja, sekolah, dan masyarakat.

Untuk waktu yang lama, meski beliau tiada, kita semua akan terus merasakan bahwa pak Ganjar masih ada di antara kita, dalam berbagai bentuk kehadiran yang selama ini kita kenali: sebagai ayah dan suami bagi keluarga ibu Yuli; sebagai salah satu aktivis prodiakon, sebagai wakil ketua Dewan Pastoral Paroki Santa Maria Assumpta Gamping, sebagai tim seleksi siswa baru di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, sebagai mantan guru bagi ratusan atau bahkan ribuan siswa alumni SMA Stella Duce 1, sebagai anggota tim liturgi Asian Youth Day, dan lain sebagainya.

Kita diminta mendoakan jiwa suci pak Ganjar serta keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan melanjutkan perjuangan dan cita-cita beliau. Selamat jalan Pak Ganjar, doakanlah kami yang masih berziarah di dunia ini agar mampu meneruskan hal-hal baik yang telah bapak wariskan kepada kami semua sehingga dunia kecil yang kami layani turut merasakan buah-buah kebaikan itu.  (ve)

 

 

Romo Paroki, seluruh umat, para Ketua lingkungan dan Ketua wilayah, serta Pengurus Dewan Pastoral Paroki Gereja Santa Maria Assumpta Gamping menyampaikan turut berduka cita dan kehilangan mendalam atas berpulangnya pak Ganjar ke rumah Bapa di surga. Semoga jiwa suci alm Bpk. Antonius Ganjar Raharjo, beristirahat dalam damai surga dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan penghiburan dan kekuatan.

 

468 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Veronica Naning