SEKOLAH KITAB SUCI (SKS) ANGKATAN I – TAHUN 2019

SEKOLAH KITAB SUCI (SKS) ANGKATAN I – TAHUN 2019

Dalam hidup sehari-hari, sebagai umat kristiani kita tidak lepas dari pengamalan ayat-ayat Kitab Suci. Banyak bahan yang telah tersedia dalam berbagai bentuk yang bisa dengan mudah ditemukan, mulai dari bentuk buku yang konvensional, audio, video, atau bahkan dalam bentuk-bentuk digital terkini sesuai dengan kebutuhan anak zaman. Memang kadang-kadang pemahaman dan pengenalan kita akan kitab suci terbatas karena kita merasa sudah cukup dengan asupan mingguan melalui misa di gereja/kapel. Kita lupa bahwa kitab suci adalah bagian paling penting yang mendasari cara hidup kita sebagai umat Allah yang telah dibebaskan dari segala dosa dan menemukan sumber kerahiman belas kasih Allah yang tak berkesudahan.

Meskipun Gereja secara khusus telah menetapkan bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional, namun tampaknya umat belum semuanya bisa meluangkan waktu menanggapi program tersebut. Kitab Suci masih menjadi buku yang jarang dibuka kecuali pada moment istimewa, baik untuk kebutuhan pribadi, pelajaran, atau penugasan Gereja. Padahal, kekayaan dan pedoman hidup yang paling komplet sudah terpapar dengan jelas dalam Kitab Suci jika kita mencarinya. Merujuk kebutuhan umat yang hendak memperdalam kitab suci dalam hidup sehari-hari, Tim kerja Kerasulan Kitab Suci dari Bidang Pewartaan Dewan Pastoral Paroki Santa Maria Assumpta Gamping merilis program Sekolah Kitab Suci (SKS) bekerja sama dengan Komisi Kitab Suci Kevikepan DIY.

Program SKS ini lahir karena ada beberapa situasi yang perlu dijawab misalnya, kurangnya penggerak kerasulan Kitab Suci di lingkungan dan di Paroki; kurangnya minat membaca Kitab Suci yang disebabkan karena menemukan kesulitan untuk memahami Kitab Suci; atau kurangnya pemahaman dasar mengenai Kitab Suci menurut Gereja Katolik.

Program SKS Paroki Gamping Angkatan I ini secara resmi telah dibuka oleh Rm. Martinus Suharyanto, Pr dan diteruskan dengan pembekalan umum oleh Ketua Komisi Kitab Suci Kevikepan DIY, Rm Florentius Hartanto, Pr pada tanggal 6 Februari 2019. Selanjutnya, SKS akan dijalankan secara mingguan, setiap hari Rabu sore selama 17x pertemuan tatap muka, hingga tanggal 13 Juli 2019 di kompleks Gedung Pelayanan Pastoral Gamping.  Pada akhir pertemuan akan dilakukan rekoleksi.

Bentuk aktivitas yang dijalankan selama mengikuti program SKS antara lain :

  1. Penulisan Karya Tulis mengenai salah satu kitab yang ada dalam Kitab Suci;
  2. Presentasi Kelompok;
  3. Rekoleksi;
  4. Mengkoordinasikan kelas SKS angkatan berikutnya.

Begitu dirilis program ini langsung diminati. Dari kapasitas peserta yang semula diancang 30-an, akhirnya meningkat diminati oleh 47 orang. Fenomena ini tampak luar biasa, mengingat program SKS di Yogyakarta baru terselenggara di beberapa gereja. Harapannya setelah SKS Angkatan I Tahun 2019 ini, dihasilkan output berupa bertambahnya Penggerak Kerasulan Kitab Suci di Lingkungan dan di Paroki; menumbuhkan rasa cinta akan Kitab Suci; menumbuhkan minat untuk membaca Kitab Suci; serta memberikan pengertian-pengertian dasar mengenai Kitab Suci sebagai landasan pengembangan kegiatan kerasulan Kitab Suci.

Bagi anda yang berminat dan belum sempat bergabung dalam program ini, silakan tunggu agenda SKS Angkatan berikutnya. Semoga Tuhan yang telah memulai karya yang baik ini berkenan menyelesaikannya pula. (ve)

 

 

 

733 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Veronica Naning